Guru PPKn Menempuh Program PPG di Unwidha

KLATEN, KRJOGJA.com – Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten dipercaya pemerintah pusat untuk mendidik para guru PPKn, menjadi guru profesional melalui program pendidikan profesi guru (PPG).

Rektor Unwidha Prof. Dr. Triyono, M.Pd Rabu (12/6) megemukakan, untuk angkatan ketiga tahun 2019 sebanyak 25 peserta. Semua guru PPKn SMP/SMA/SMK , dari berbagai daerah di Indonesia. “Ada yang dari Sumenep, Sidoarjo, Pati, Bumiayu, Kalimantan. Kita menerima daftar itu dari kementrian. Kementrian mempercayakan agar 25 guru tersebut mengikuti PPG di Unwidha,” kata Prof. Triyono.

Mereka akan kuliah sekitar 8 bulan, dengan sistem belajar dalam jaringan. Saat ini sedang berlangsung pembelajaran tiga mata kuliah. Yakni keprofesian, pendalaman materi PPKn, dan pengembangan perangkat pembelajaran.

Menurut Prof. Triyono, setelah tiga mata kuliah tersebut selesai sekitar bulan Juli, nantinya para mahasiswa datang ke kampus untuk tatap muka. Melanjutkan mata kuliah yang lain, termasuk praktik mengajar lagi. Untuk itu, Unwidha sudah membangun kerjasama dengan sekolah mitra .

Para guru PPKn yang sudah memenuhi syarat minimal IIIC dan sudah tersertifikasi, akan dilatih menjadi guru pamong. “Ujianya sistemnya pakai ujian pengetahuan tertulis lewat komputer, dan ujian kinerja dalam bentuk praktik mengajar langsung di sekolah,” jelas Prof. Triyono. (Sit)

BERITA REKOMENDASI