Hadapi Covid 19, Baznas Klaten Salurkan Rp 445 Juta

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Klaten Menyalurkan dana Rp 445 juta dalam menghadapi pandemi Covid 19. Terdiri Rp 125 juta diperbantukan pada Pemkab Klaten, dan Rp 320 juta disalurkan untuk warga miskin yang terdampak secara ekonomi.

Bantuan Rp 125 juta untuk pembelian alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, secara simbolis diserahkan oleh Ketua Baznas Klaten Wibowo Muktiharjo kepada Bupati Klaten Sri Mulyani yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gugas PP) Covid 19, Senin (6/4).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di sela acara berjemur bareng dan rapat bersama dengan seluruh camat dan perwakilan kepala desa di Halaman Pemkab. Rapat bersama untuk menyerap usulan terkait kebutuhan mendesak yang harus disediakan pemerintah bagi warga di wilayah.

Wibowo Muktiharjo menjelaskan bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu pemerintah Kabupaten Klaten melalui Gugas PP Covid 19 dalam mengatasi merebaknya kasus corona di Klaten.

“Terkait dana yang disampaikan melalui Bupati Klaten, khususnya untuk mendukung operasional tenaga medis dan para medis di 34 puskesmas. Saat ini puskesmas terdepan dalam melayani pasien. Bantuan ini semoga bisa meringankan beban tenaga medis di lapangan,” jelas Wibowo Muktiharjo

Wibowo Muktiharjo yang mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten era 1990-an tersebut juga menjelaskan, Baznas Klaten juga perhatian terhadap warga miskin terdampak secara sosial dan ekonomi dari merebaknya virus corona. Baznas Klaten juga mentasyarufkan Rp 320 juta bantuan uang tunai bagi warga miskin masing-masing Rp 200 ribu. Bantuan ini disalurkan melalui takmir di 801 masjid yang tersebar di 401 desa dan kelurahan di Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan terima kasih bagi masyarakat melalui Baznas Klaten yang peduli terkait penanganan virus corona.

“Atas nama pemerintah, saya sangat menghargai perhatian Baznas Klaten. Kepada Ketua Baznas Klaten, Bapak Wibowo Muktiharjo semoga tetap diberi kesehatan, masih semangat mengabdi bagi umat. Semoga bantuan memberi banyak manfaat,” kata Bupati. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI