Hadapi La Nina, Pemkab Sukoharjo Siapkan Pertanian

SUKOHARJO, KRJOGJA.com –Pemkab Sukoharjo menindaklanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait antisipasi potensi bencana alam terdampak fenomena La Nina berupa peningkatan curah hujan. Beberapa sektor rawan yang disampaikan pusat sudah diantisipasi sejak dini. Sektor tersebut meliputi infrastruktur khususnya perhubungan dan pertanian menyangkut stok bahan pangan.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Minggu (18/10), mengatakan, Pemkab Sukoharjo melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sudah langsung bergerak sesuai dengan tugas masing masing melaksanakan kewenangannya melakukan antisipasi penanganan bencana alam. Bahkan setelah muncul informasi awal fenomena alam La Nina, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo sudah bergerak.

“Apa yang diinstrusikan presiden sudah dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo terkait antisipasi potensi bencana alam terdampak fenomena La Nina. OPD terkait sudah bergerak,” ujarnya.

Adanya informasi awal fenomena alam La Nina tersebut menjadi dasar antisipasi sejak dini. Pemkab Sukoharjo tidak hanya menggerakan OPD dan petugas terkait lain, namun juga masyarakat karena bersentuhan langsung dan mengetahui kondisi di wilayahnya masing masing.

“Seperti saluran, jalan dan sungai sudah dicek, termasuk juga sektor pertanian dari Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo sudah memberikan informasi dan sosialisasi langsung ke petani. Masyarakat juga sudah kerja bakti membersihkan saluran air dengan kesadaran sendiri mempersiapkan antisipasi memasuki musim hujan,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI