Hadapi La Nina, Pemkab Sukoharjo Siapkan Pertanian

Khusus dibidang pertanian, bupati mengatakan, kebutuhan air bagi petani sangat mencukupi. Petani diharapkan memanfaatkan adanya tambahan pasokan air dari hujan untuk meningkatkan produksi pertanian.
“Dari dinas terkait sudah memetakan wilayah pertanian mana saja yang rawan bajir. Wilayah itu segera diantisipasi agar tanaman padi tidak terlalu berat terdampak banjir karena sudah dilakukan penanganan,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti mengatakan, sudah ada instruksi resmi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait antisipasi potensi bencana alam terdampak fenomena La Nina berupa peningkatan curah hujan. Wilayah pertanian rawan banjir dan angin kencang sudah dipetakan. Petugas juga telah memberikan sosialisasi dan informasi terkait fenomena alam La Nina kepada petani.

“Sudah dipetakan dan dilakukan antisipasi. Terlebih lagi Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah lumbung pangan lokal dan nasional. Jadi petani tetap diharapkan bisa maksimal panen padi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI