Hama Keong Serang Sukoharjo

SUKOHARJO (KRjogja.com)- Tanaman padi petani di wilayahSukoharjo diserang hama keong dan petani langsung bergerak cepat dengan melakukan pemberantasan.

Petani asal Desa Mayang, Kecamatan Gatak, Sularno, Minggu (04/09/2016) mengatakan, serangan hama keong terjadi sejak satu pekan terakhir setelah sering turun hujan. Keong ditemukan disela tanaman padi dan di pinggiran sawah. Keong tersebut langsung diambil untuk selanjutnya dimatikan dan dibuang.

“Meski keong ditemukan hanya sedikit namun langsung saya musnahakan daripada resiko bertambah banyak dan merusak tanaman padi,” ujar Sularno.

Keberadaan keong dianggap wajar para petani karena selalu muncul disaat hujan. Karena itu petani sudah melakukan antisipasi dini dengan menyiapkan jebakan berupa cekungan dipinggir sekeliling sawah. Jebakan dimaksudkan agar keong terperangkap dicekungan dan bisa diambil dengan mudah.
“Keong belum sampai merusak tanaman padi karena keberadaanya baru,” lanjutnya.

Petani Desa Kadilanggu, Kecamatan Baki, Giyono mengatakan, tidak mengetahui persis kapan serangan keong tersebut terjadi. Sebab setelah tanam sepekan lalu keong belum ditemukan. "Pagi ini (Minggu 4/9) saya ke sawah dan lihat ada cukup banyak keong jadi langsung saya ambil dan dibuang ke jalan,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI