Hapus Kemiskinan Melalui Dzikir Sosial

KLATEN, KRJOGJA.com – Pesantren Masyarakat Cabang Ringinmulyo, Klaten Selatan, Klaten diresmikan oleh Ustadz Puji Hartono , dalam pengajian akbar di Ringinmulyo, Sabtu (24/8/2019) malam.

Pengasuh Pesantren Masyarakat, Ustadz Puji Hartono yang akrab disapa Kang Puji mengemukakan, cabang-cabang pesantren masyarakat tersebut menyatu dengan masyarakat, dan memberi manfaat untuk masyarakat. Pengajian dilakukan seminggu sekali, sedangkan jamaah dari seluruh cabang pesantren masyarakat akan berkumpul tiga bulan sekali di Pesantren Masyarakat pusat di Yogya.

Pada pengajian di Ringinmulya dilakukan pengumpulan sedekah untuk membantu TK ABA Danguran, Klaten Selatan yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Pada pengajain yang akan datang sedekah untuk yatim piatu, selanjutnya untuk janda-janda, fakir miskin dan sebagainya. Pesantren masyarakat hanya ingin memberi manfaat dengan cara menumbuhkan rasa kepedulian sosial. “Maka dalam pengajian nanti namanya pengajian akbar dzikir sosial, ingat kepada orang-orang yang susah, dzikir sosial,” kata Ustadz Puji Hartono.

Kegiatan tersebut sudah dirintis sejak tahun 2000, dan hingga saat ini 100 lebih cabangnya sudah ada di seluruh Indonesia. Di Klaten sendiri terdapat cabang yang lumayan banyak. Diantaranya Pesantren Masyarakat Bayat, Pesantren Masyarakat Klaten, Pesantren Masyarakat Ringinmulyo, Pesantren Masyarakat Jogonalan, dan Pesantren Masyarakat Gantiwarno.

“Agak banyak di Klaten bagian selatan. Masyarakat ini nanti tidak akan lama lagi, sekitar satu hingga tiga tahun sudah akan mandiri, diharapkan tidak ada yang miskin lagi, karena konsep sedekah itu. Kalau sekedar bekerja, ia dapat uang cuma ketika kerja, tapi kalau dia bersedekah dia dapat rejeki dari tempat yang tidak disangka-sangka. Ada sehat ada kebersamaan, ada doa fakir miskin, doa yatim piatu. Hidup itu jadi warna-warni dan berkah,” tambah Ustadz Puji Hartono. (Sit)

BERITA REKOMENDASI