Harga Bahan Pokok Mulai Turun

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga bahan pokok di Sukoharjo mulai mengalami penurunan. Usai lebaran diperkirakan harga akan terus turun. Petugas tetap akan melakukan pemantauan untuk memastikan harga dan stok barang aman untuk masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Senin (03/07/2017) mengatakan, sudah melakukan pemantauan dengan menyebar petugas disejumlah pasar tradisional baik sebelum maupun saat lebaran. Termasuk juga setelah lebaran hingga sekarang.

Hasilnya diketahui ada pergerakan kenaikan harga sembako beberapa hari menjelang dan saat lebaran. Kenaikan hanya terjadi pada beberapa harga bahan pokok saja. Sedangkan posisi sekarang usai lebaran harga sudah mengalami penurunan.

“Setelah kita monitor dibeberapa pasar terjadi penurunan harga signifikan. Semua tinggi terutama daging sapi sekarang sudah mulai turun,” ujar Sutarmo.

Kenaikan harga sebelum dan saat lebaran dari hasil pemantauan petugas diketahui karena tingginya permintaan masyarakat. Disaat tersebut pembelian mengalami peningkatan signifikan hingga berimbas apda kenaikan harga.

Usai lebaran permintaan dari masyarakat kembali normal dan cenderung menurun. Kondisi tersebut berdampak pada penurunan harga. “Faktor lainnya karena ada kebijakan dari pemerintah pusat menetapkan harga eceran tertinggi (HET) sejumlah bahan pokok seperti daging sapi Rp 85 ribu per kilogram dan gula pasir,” lanjutnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo memperkirakan harga bahan pokok akan kembali normal seminggu kedepan. Apabila masih ada kenaikan harga tinggi maka petugas akan berusaha melakukan penurunan dengan operasi pasar.

Sementara itu data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo diketahui harga gula pasir stabil Rp 12.500 per kilogram, daging sapi turun dari Rp 110.000 menjadi Rp 106.000 per kilogram, telur ayam Rp 19.000 turun Rp 18.000 per kilogram, cabai merah besar biasa teropong Rp 30.000 turun Rp 20.000 per kilogram, cabai besar keriting Rp 30.000 turun Rp 20.000 per kilogram, bawang putih kating Rp 63.000 turun Rp 53.000 per kilogram. (Mam)

BERITA REKOMENDASI