Harga Cabai dan Bawang Merah di Sukoharjo Terus Naik

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga cabai dan bawang merah mengalami kenaikan disebabkan karena terpengaruh kondisi cuaca yang menyebabkan pasokan dari petani diberbagai daerah menurun. Kenaikan juga terjadi pada beberapa bahan pokok lain seperti telur ayam dan daging ayam disebabkan meningkatnya pembelian karena beberapa warga sudah menggelar hajatan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Selasa (20/10/2020), mengatakan, kenaikan terjadi pada harga cabai rawit merah dimana sepekan lalu hanya Rp 15.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp 17.000 per kilogram. Kenaikan Rp 2.000 per kilogram tersebut dipicu salah satunya faktor pengaruh cuaca dibeberapa daerah sudah diguyur hujan deras. Kondisi tersebut mengakibatkan suplai cabai dari petani ke pedagang mengalami penurunan.

Harga cabai jenis lain masih stabil sampai sekarang seperti cabai merah keriting dan cabai merah besar masing masing Rp 35.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 15.000 per kilogram. Tiga jenis cabai tersebut masih dikirim petani ke pedagang dalam jumlah normal.

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dibanding sepekan lalu Rp 26.000 per kilogram sekarang dijual Rp 30.000 per kilogram. Bawang putih jenis honan juga naik dari sebelumnya Rp 18.000 per kilogram menjadi Rp 20.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih kating masih stabil Rp 24.000 per kilogram.

“Dibanding sepekan lalu ada beberapa jenis kebutuhan pokok jenis sayuran mengalami kenaikan harga sedikit. Seperti cabai rawit merah dan bawang merah dibanding sepekan lalu,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI