Harga Cabai Rawit Merah di Sukoharjo Makin Pedas

Penurunan harga justru terjadi pada cabai merah besar sepekan lalu Rp 50.000 per kilogram sekarang Rp 42.000 per kilogram. Turunya harga juga terjadi pada cabai merah keriting dari sebelumnya Rp 55.000 per kilogram menjadi Rp 50.000 per kilogram.

“Harga cabai masih tinggi dan mengalami kenaikan jenis rawit baik merah dan hijau. Sedangkan cabai merah besar dan keriting harganya turun,” ujarnya.

Kenaikan harga cabai rawit merah dan hijau terjadi karena faktor keterbatasan barang. Disisi lain permintaan masyarakat terus mengalami kenaikan. Kondisi sebaliknya terjadi pada cabai merah besar dan keriting dimana pasokan terus bertambah namun pembelian stabil.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menangah Sukoharjo berharap petani disejumlah daerah bisa segera panen raya. Sebab pasokan cabai di Sukoharjo masih mengandalkan kiriman dari petani luar daerah. Hasil panen cabai dari petani lokal Sukoharjo masih belum mencukupi sehingga memerlukan tambahan.

“Mudah-mudahan petani dari luar daerah segera panen raya dan menambah stok di Sukoharjo. Tapi karena kondisi cuaca hujan terus kami khawatir panen cabai di petani ikut terpengaruh dan nanti mempengaruhi harga dan stok di pasar di Sukoharjo,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI