Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 120.000 per kilogram

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga cabai rawit merah terus naik dan belum ada tanda turun. Sekarang harga cabai rawit merah sebesar Rp 120.000 per kilogram. Tingginya harga cabai rawit merah dikeluhkan pedagang dan pembeli karena stok barang langka. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo masih menunggu kiriman tambahan pasokan cabai rawit merah dari petani disejumlah daerah menjelang panen raya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Sutarmo, Rabu (17/3) mengatakan, harga cabai rawit merah terus naik dan belum ada tanda turun. Sekarang harga cabai rawit merah sebesar Rp 120.000 per kilogram. Kenaikan harga terus terjadi karena terbatasnya stok barang dimiliki pedagang. Disisi lain kiriman dari petani juga turun drastis.
Kenaikan tinggi terjadi dalam satu pekan terakhir sebesar Rp 15.000 per kilogram. Sebab data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo mencatat pada 9 Maret lalu harga cabai rawit merah Rp 105.000 per kilogram dan sekarang 17 Maret naik menjadi Rp 120.000 per kilogram. “Pasokan semakin turun berdampak pada menipisnya stok di pedagang. Akibatnya harga cabai rawit merah terus naik. Sekarang harganya Rp 120.000 per kilogram. Naik Rp 15.000 per kilogram dalam satu pekan sebelumnya hanya Rp 105.000 per kilogram,” ujarnya.

Kenaikan harga cabai rawit merah terjadi merata disemua pasar tradisional di Sukoharjo. Sebab semua pedagang juga memiliki stok cabai rawit merah terbatas. Pedagang tidak bisa meminta tambahan stok mengingat pasokan dari petani juga terbatas..

Sutarmo menambahkan, pedagang juga tidak bisa menurunkan harga cabai rawit merah sendiri karena terpengaruh pasar. Sebab kondisi sekarang harga cabai rawit merah terus naik dan belum tahu kapan turun. “Kami masih menunggu tambahan pasokan cabai rawit merah dari petani yang sebentar lagi panen raya dibeberapa daerah. Harapannya saat panen raya hasilnya baik karena sekarang masih puncak musim hujan,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI