Harga Gabah Kering Tembus Rp 4.600 Per Kilogram

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Harga gabah kering panen petani pada musim tanam II (MT II) disebagian wilayah di Sukoharjo mencapai Rp 4.400 per kilogram hingga Rp 4.600 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibanding ketentuan pemerintah dalam harga pokok pembelian (HPP) sebesar Rp 3.700 per kilogram.

Kepala Dispertan Sukoharjo Netty Harjianti, Minggu (18/09/2016) mengatakan, gabah kering panen dengan harga tinggi terjadi di wilayah Kecamatan Gatak dan sebagian Baki. Harga dibeli dengan harga tinggi karena gabah memiliki kualitas yang baik.

"Tingginya harga gabah diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Bahkan,  pemacu semangat para petani lainnya untuk bisa menghasilkan gabah serupa dengan kualitas baik."

Netti menjelaskan pantauan dari Dispertan Sukoharjo harga gabah kering panen petani di sebagain wilayah lain memang tidak setinggi seperti di Kecamatan Gatak. Seperti terjadi di Kecamatan Sukoharjo Kota dimana banyak ditemukan tanaman padi petani roboh setelah diterjang angin kencang dan hujan deras. Akibat dari kejadian tersebut membuat gabah yang dihasilkan kualitasnya menurun. (Mam)

BERITA REKOMENDASI