Harga Gabah Petani Sukoharjo Masih Diatas HPP

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga gabah kering panen petani Sukoharjo masih tinggi sekitar Rp 4.000 – Rp 4.300 perkilogram di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Rp 3.700 perkilogram. Meski demikian petani belum puas mengingat harga sebelumnya mampu mencapai titik tertinggi sekitar Rp 5.000 perkilogram. Penyebab perubahan harga terjadi karena faktor panen raya bersamaan tidak hanya di Sukoharjo saja tapi disejumlah daerah lainnya.

Petani asal Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Suryanto mengatakan, sekarang petani sudah panen raya. Panen dilakukan sejak awal Maret lalu sampai sekarang. Panen padi yang dilakukan secara bersamaan mempengaruhi perubahan harga jual gabah.

Harga gabah kering panen sekarang sekitar Rp 4.000 – Rp 4.300 perkilogram. Harga tersebut turun dibandingkan sebelumnya dikisaran Rp 5.000 perkilogram. Penurunan terkadi karena panen raya yang membuat stok gabah melimpah.

"Memang kecewa harga gabah turun tapi petani masih lega harga tidak sampai anjlok di bawah HPP. Minimal uang hasil menjual gabah bisa dipakai untuk modal tanam berikutnya," ujar Suryanto kepada KRJOGJA.com, Rabu (21/03/2018).

Suryanto mengatakan, hasil panen padi di lahan seluas 2.000 meter persegi sudah laku dibeli oleh langganannya pengusaha penggilingan padi. Kondisi gabah panen dalam keadaan baik karena memiliki kualitas super.

"Kondisi gabah baik tidak rusak jadi panen padi saya laku Rp 4.300 perkilogram. Tapi milik petani lain dekat sawah saya pak Tarno hanya laku Rp 4.000 perkilogram," lanjutnya.

Kondisi gabah baik dikatakan Suryanto karena masih utuh dan tidak banyak yang pecah. Selain itu karena kadar air rendah sehingga membuat harga jual masih tinggi di atas HPP.

"Kalau memang kondisi padi tidak jelek sekali maka tidak sampai anjlok di bawah HPP. Rata rata sekarang hasil panen masih di atas HPP meski selisihnya hanya sekitar Rp 500 – Rp 250 perkilogram," lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti mengatakan, panen raya padi di Sukoharjo terjadi dimulai pada Maret sampai April. Sebaran panen raya disejumlah daerah berbeda menyesuaikan dengan awal panen.

"Soal harga gabah panen petani sekarang masih di atas HPP. Meski panen raya namun tidak sampai menyebabkan harga anjlok," ujar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI