Harga Hewan Kurban Mulai Merangkak Naik

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Aktifitas perdagangan hewan kurban mulai mengalami peningkatan di Pasar Hewan Bekonang Mojolaban. Sapi dan kambing diburu baik sesama pedagang maupun pembeli. Akibatnya harga hewan kurban tersebut mulai merangkak naik sejak beberapa hari terakhir.

Harga sapi sekarang bervariasi mulai Rp 19 juta – Rp 25 juta perekor sedangkan kambing Rp 2 juta – Rp 2,5 juta perekor. Harga tersebut akan mengalami kenaikan lagi dan puncaknya terjadi sepekan sebelum Idul Adha.

Pedagang sapi di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban, Siswanto, Kamis (11/07/2019) mengatakan, kondisi sekarang sudah ada kenaikan aktifitas perdagangan hewan kurban baik sapi dan kambing. Peningkatan terjadi sejak beberapa hari lalu hingga sepekan setelah Idul Adha.

Peningkatan aktifitas perdagangan hewan kurban terjadi baik antar pedagang maupun dengan pembeli. Penjualan khususnya sapi sekarang di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban sudah terjadi. Pedagang bahkan sengaja menambah stok hewan kurban dengan mendatangkan langsung dari peternak.

Stok hewan kurban yang banyak membuat pedagang bisa lega karena dipastikan ada peningkatan pembelian dari masyarakat. Pada kondisi tersebut sangat berpengaruh besar pada kenaikan harga jual.

“Kenaikan aktifitas perdagangan hewan kurban diikuti dengan naiknya harga seperti sapi masih dibawah Rp 1 juta. Puncaknya mungkin saat sepekan sebelum Idul Adha bisa mencapai Rp 2 juta perekor,” ujarnya.

Kenaikan harga apabila dihitung dalam satu hari perdagangan bisa mencapai Rp 200 ribu perekor sapi. Kenaikan harga sapi disebabkan beberapa faktor seperti meningkatnya permintaan hingga naiknya kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan hewan kurban.

Pedagang sapi di Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban Sarijo mengatakan, kenaikan perdagangan sapi membuatnya harus menambah stok dengan mendatangkan dari pedagang asal Blora. Sapi tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pembeli selama Idul Adha.

“Harga sapi sekarang Rp 19 juta – Rp 25 juta perekor namun bisa naik sampai Rp 2 juta perekor sepekan menjelang Idul Adha,” ujarnya.

Permintaan hewan kurban juga terjadi pada kambing dimana harga sekarang sudah mulai merangkak naik. Apabila sebelumnya masih dibawah Rp 2 juta perekor maka sekarang sudah naik pada kisaran Rp 2 juta – Rp 2,5 juta perekor. “Permintaan kambing untuk hewan kurban juga banyak dan menyebabkan kenaikan harga,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI