Harga Kebutuhan Pokok di Boyolali Stabil

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Masuki waktu puasa, harga berbagai kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Boyolali masih relatif stabil. Hal ini diperkirakan karena belum meningkatnya permintaan konsumen meski sudah memasuki bulan puasa.

Dari pantauan di lapangan, Senin (29/05/2017) di Pasar Candi, Pengging, Banyudono, ‎harga berbagai bahan kebutuhan pokok masih stabil. Hal itu disebabkan belum meningkatnya permintaan konsumen meski saat ini sudah memasuki bulan puasa.

Untuk daging sapi harganya masih sama seperti beberapa pekan sebelumnya, yakni di kisaran Rp 115 ribu/kg‎. Beras di kisaran Rp 10 ribu/kg, gula pasir, Rp 14 ribu/kg, dan telur Rp 21 ribu/kg.

Sementara di Pasar Sambi, meski harga kebutuhan pokok stabil, namun harga bumbu dapur mulai mengalami kenaikan rata-rata Rp 5 ribu/kg. Bawang putih saat ini dihargai Rp 55 ribu dan bawang merah Rp 40 ribu.

Kenaikan cukup tinggi yakni harga cabai rawit, dimana saat ini harganya mencapai Rp 56 ribu/kg dari harga sebelum puasa sebesar Rp 37 ribu/kg. Salah satu pedagang di Pasar Sambi, Marni memperkirakan, stabilnya harga bahan kebutuhan pokok saat ini karena tingkat permintaan masyarakat masih belum ada kenaikan.

Kondisi sekarang berbeda dengan puasa sebelumnya, dimana harga-harga sudah naik bahkan sebelum puasa karena ada lonjakan permintaan dari konsumen. "Saat ini kondisi pasar masih sama seperti sebelum puasa. Terbilang sepi kalau dibandingkan dengan ramadhan tahun-tahun sebelumnya," kata Marni.

Edi, pedagang daging, juga menuturkan hal serupa. Biasanya saat bulan puasa, tingkat konsumsi masyarakat, biasanya daging, naik selama bulan puasa. Sebab konsumsi masyarakat untuk buka puasa dan sahur biasanya menu yang enak-enak. Namun saat ini, permintaan daging dari konsumen tak berbeda dibanding hari-hari biasa. ‎"Mungkin permintaan daging baru melonjak saat jelang lebaran," katanya. (R-11)

BERITA REKOMENDASI