Hari Ibu, PKK Tanjung adakan Sungkeman Massal

SUKOHARJO, KRJOGJA.com –  PKK Desa Tanjung, Kecamatan Nguter mengadakan sungkeman massal, Jumat (20/12) di Museum Jawi Sukoharjo dalam rangka memperingati Hari Ibu. Isak tangis tidak terhindarkan saat anak sungkem kepada ibu masing masing.

Ketua PKK Desa Tanjung, Yuyun Irawati mengatakan, pada peringatan Hari Ibu tahun ini pengurus PKK Desa Tanjung, Kecamatan Nguter sengaja menggelar kegiatan berbeda dibanding tahun lalu. Aksi dilakukan berupa sungkeman massal. Acara tersebut dipilih karena sudah menjadi tradisi budaya yang penuh dengan nilai nilai kebaikan.

"Kami sengaja mengambil momen Hari Ibu ini untuk menggelar kegiatan sungkeman ini. Sosok ibu harus dihormati dan dihargai karena telah melahirkan, membesarkan anak dengan tulus tanpa pamrih," ujarnya.

Saat acara sungkeman massal digelar isak tangis dari puluhan peserta tidak terhindarkan. Masing masing anak meminta maaf pada ibu secara tulus atas kesalahan yang pernah diperbuat. "Sungkem ini sudah menjadi tradisi budaya dan akan terus kami lestarikan karena memang memiliki nilai luhur," lanjutnya.

Pemilik Museum Jawi Sukoharjo, Bimo Kokor Wijanarko mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memberikan kesan positif pada Hari Ibu tahun ini. Peserta memang terlihat antusias apalagi saat sungkem dan memeluk ibu masing-masing. Menurutnya, selama ini tak jarang keberadaan seorang ibu sering terpinggirkan dan terlupakan. Padahal, ibu adalah seorang pahlawan karena dianggap paling berjasa dalam sebuah keluarga. (Mam)

BERITA REKOMENDASI