Hasil Pemeriksaan Pasien RSUD Bagas Waras Tertukar

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Nasib apes menimpa salah satu pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras, Klaten, Tuminah (69) warga Dukuh Gentan RT 017/RW 008, Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Klaten. Pasalnya, hasil pemeriksaan dirinya tertukar dengan pasien lain. Kondisi kesehatannya pun kini melemah.

Suami Tuminah, Siswo Sugito (69), menceritakan, peristiwa bermula ketika Tuminah berobat ke RSUD Bagas Waras pada Minggu malam (10/12/2017). Saat itu, Tuminah mengeluhkan sakit rematik. Dari pemeriksaan itu Tuminah disarankan untuk opname. Sepekan kemudian Tuminah baru diperbolehkan pulang pada Sabtu (16/12/2017).

"Saat pulang kondisi istri saya tak membaik. Malah tak bisa jalan. Padahal saat pertama masuk rumah sakit bisa berjalan. Apalagi yang membuat saya bingung hasil pemeriksaan yang diberikan rumah sakit bukan milik istri saya, tapi milik pasien lain," ujar Siswo Sugito kepada awak media, Senin (18/12/2017).

Siswo Sugito mengatakan, berkas hasil pemeriksaan berupa rontgen yang diberikan pihak RSUD Bagas Waras tersebut tertera nama Tuminah Hadi dengan alamat Dukuh/Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten. Ia menyadari kekeliruan tersebut setelah sampai di rumah saat membaca nama pasien dalam berkas pemeriksaan tersebut ternyata berbeda.

"Namanya mirip dengan istri saya, tapi alamatnya berbeda. Rencananya besuk Rabu (20/12/2017) saya akan menanyakan ke rumah sakit sekalian kontrol. Saat ini kondisi istri saya hanya bisa terbaring lemas," ujarnya.

Terpisah, Direktur Utama RSUD Bagas Waras, Limawan Budiwibowo mengatakan, pihaknya telah mengetahui hal tersebut melalui media sosial (facebook) dan segera menindaklanjutinya. "Kami telah menghubungi keluarga pasien yang bersangkutan. Kami juga telah menerjunkan petugas kesehatan ke rumah pasien. Kami kroscek dulu," ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI