Hasil Rapid Tes, Warga Nguter Pulang Mudik Positif Corona

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KROGJA.com – Seorang perantau di Surabaya diketahui pulang ke kampung halamannya di Desa Juron, Kecamatan Nguter. Hasil rapid test diketahui warga tersebut positif virus corona. Meski begitu kepastian status masih menunggu hasil laboratorium melalui tes swap.

Masyarakat diminta tenang dan tidak panik mengingat hasil tes yang keluar sifatnya masih awal atau sementara. Camat Nguter Sumarno, Jumat (03/04/2020) mengatakan, warga tersebut diketahui merantau di Surabaya dan pulang ke kampung halamannya di Desa Juron, Kecamatan Nguter pada Kamis (02/04/2020).

Saat pulang warga tersebut mendapatkan perawatan di RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo dengan status sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pihak RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo sudah melakukan rapid test terhadap warga tersebut dan hasilnya postif virus corona. Namun hasil tersebut belum bisa dijadikan acuan tetap karena sifatnya sementara.

Kepastian status masih menunggu hasil laboratorium terhadap tes swap. Warga perantau tersebut sekarang masih dalam perawatan pihak RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo dengan status PDP.

Petugas meminta kepada keluarga dan masyarakat sekitar yang pernah kontak dengan warga perantau tersebut untuk melakukan karantina mandiri di rumah. “Kepastiannya masih menunggu hasil laboratorium. Hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) kemungkinan baru keluar tiga hari lagi,” ujarnya.

Muspika Kecamatan Nguter terkait masalah ini sudah melakukan rapat koordinasi bersama. Dalam rapat tersebut juga dilibatkan tokoh masyarakat dan kepala desa. Hasilnya, masyarakat diminta tetap tenang dan tidak panik menanggapi adanya temuan salah satu warga perantau melalui rapid test diketahui positif virus corona.

“Masyarakat perlu diberi pemahaman mengenai status seseorang positif virus corona atau tidak tetap menunggu hasil laboratorium PCR,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI