Hasilnya Ditunggu Masyarakat, KPU Sukoharjo Segera Verfak 14 Parpol

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berencana melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 14 Partai Politik (Parpol) mulai 30 Januari – 1 Februari. Sasaran verfak meliputi kepengurusan, ketersediaan kantor dan pemenuhan keterwakilan perempuan 30 persen di dalam kepengurusan.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Senin (29/1/2018) mengatakan, jadwal verfak terhadap 14 parpol sudah pasti. KPU Sukoharjo juga telah memberikan sosialisasi kepada pengurus parpol. Ke-14 parpol tersebut terbagi dalam 11 parpol lama dan tiga parpol baru.

Parpol lama yakni PDIP, PAN, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PKB, PBB, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKPI dan PPP. Sedangkan tiga parpol baru yakni PSI, Partai Garuda dan Perindo.

KPU Sukoharjo untuk melaksanakan verfak tersebut telah membagi tiga tim dari lima orang komisioner. Untuk Tim I dipimpin Kuswanto dan Mulat Bayu Aji melakukan verfak ke PDIP, PAN, Partai Demokrat dan PSI. Tim II dipimpin Yulianto Sudrajat dan Ahmad Muladi verfak ke PKS, Partai Gerindra, PKB, PBB dan Partai Garuda. Tim III dipimpin Nuril Huda verfak ke Partai Golkar, Partai Nasdem, PKPI, PPP dan Perindo.

Selama menjalankan tugas verfak nanti masing masing petugas akan dibantu oleh pegawai kesekretariatan KPU Sukoharjo. Tujuannya agar dalam waktu tiga hari proses verfak bisa selesai tepat waktu.

“Verfak dilakukan terhadap 14 parpol menindaklanjuti keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Sukoharjo sendiri sudah siap menjalankannya,” ujar Kuswanto.

Verfak dilakukan KPU Sukoharjo sesuai dengan tim yang telah dibagi untuk mendatangi kantor masing masing parpol. Sedangkan kesiapan waktu pelaksanaan petugas menyesuaikan dengan kesediaan masing masing pengurus parpol.

Sementara itu dijelaskan Kuswanto berkaitan dengan jadwal pelaksanaan verfak secara keseluruhan. Verfak kepengurusan 30 Januari – 1 Februari, penyampaian hasil verfak kepengurusan 2 Februari, perbaikan hasil verfak 3 – 5 Februari, verifikasi terhadap hasil perbaikan 6 Februari, penyusunan berita acara hasil verifikasi 7 – 8 Februari, penyampaian hasil verfak dari KPU Sukoharjo ke KPU Provinsi Jawa Tengah 9 – 10 Februari, rekapitulasi hasil verfak 11 – 12 Februari, penyampaian hasil verfak dari KPU Provinsi Jawa Tengah ke KPU Pusat 13 – 14 Februari, rekapitulasi nasional hasil verfak 15 – 17 Februari, penetapan parpol peserta pemilu 17 Februari, pengundian dan penetapan nomor urut parpol 18 Februari, pengumuman parpol peserta pemilu 18 Februari.

Ketua DPD PAN Sukoharjo Sunoto mengatakan, pihaknya sudah menerima verfak dari KPU Sukoharjo. Rencananya verfak akan diakukan pada Rabu (31/1/2018) di kantor DPD PAN Sukoharjo sekitar pukul 11.00. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI