Hindari Gratifikasi, Paket Peralatan Makanan Disalurkan Ke TK

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Hindari dugaan gratifikasi, sebanyak 19 paket peralatan makan dan minum yang diberikan saat Pendidikan dan Latihan (Diklat) Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dikembalikan dan disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono, Kamis (25/7) menjelaskan, paket peralatan makan tersebut merupakan hadiah yang diberikan kepada pengajar dan pelatih saat diklat berlangsung. U ntuk menghindari dugaan gratifikasi atas pemberian hadiah tersebut, pihaknya langsung menginstruksikan agar hadiah tersebut.

Kebijakan tersebut dilakukan, imbuhnya, sebagai penerapan prinsip kehati-hatian untuk menghindari dan mencegah praktek korupsi di lingkungan Pemkab Boyolali.

“Ada laporan yang masuk, kami tindaklanjuti, konfirmasi kepada yang bersangkutan, kita undang, kemudian kita minta kembali untuk menyerahkan ke Inspektorat,” katanya.

Pihaknya menganggap, pemberian hadiah tersebut kurang tepat dan bisa menimbulkan gratifikasi. Melihat kegunaan perangkat peralatan makan tersebut, ia menilai akan lebih bermanfaat jika disalurkan ke pihak yang lebih membutuhkan.

“Ini akan disalurkan kepada lembaga TK yang membutuhkan karena jenisnya adalah tempat makan sekolah, saya kira itu lebih bermanfaat untuk adik-adik yang bersekolah di TK,”

Ketua Ikatan Gutu Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTI) Boyolali, Salamah mengatakan, pihaknya cukup senang menerima bantuan peralatan makan tersebut, sebab peralatan tersebut cukup dibutuhkan, baik untuk makan anak-anak ataupun sebagai media pembelajaran. Nantinya, peralatan makan tersebut akan diinventaris dan disalurkan ke TK yang membutuhkan.

“Ini akan bermanfaat bagi siswa-siswi TK,” tandasnya. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI