Hujan Abu Guyur Boyolali

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Sejumlah desa di dua kecamatan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah diguyur hujan abu, Selasa (19/01/2021) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Musuk dan Tamansari yang berada di lereng Gunung Merapi sebelah timur. Guyuran hujan abu Merapi terlihat jelas di jalan maupun menempel pada dedaunan dan kendaraan.

Menurut Nanang Herlani warga Desa Ringin Larik, Kecamatan Musuk, hujan abu diperkirakan terjadi pada pukul 03.00 WIB. Diiringi dengan suara gemuruh dan warga baru mengetahui pada pagi hari setelah bangun tidur dan keluar rumah.

“Pagi tadi sebelum adzan Subuh terdengar suara gemuruh, sekitar jam 05.00 WIB saya keluar rumah ternyata abu sudah menempel di daun,” kata Nanang Herlani, Selasa (19/01/2021).

Hal senada dikatakan Kepala Desa (Kades) Ringin Larik, Nanik Haryani. Ia mengaku pagi tadi sekitar pukul 04.30 WIB, saat keluar rumah mobil yang terparkir di halaman rumah sudah dipenuhi abu. “Sehabis sholat Subuh saya keluar rumah, melihat keluar halaman rumah dan mobil saya sudah penuh dengan abu,” kata dia.

Sementara data dari BPPTKG Yogyakarta mencatat terjadi awan panas dan guguran pada pukul 02.37 WIB dengan jarak luncur 1800 meter mengarah ke Sungai Krasak dan Bohong dengan tinggi kolom 500 meter. Saat ini status Gunung Merapi masih berada di level III atau siaga dengan radius aman 5 kilometer dari puncak Merapi. (*_1/Sit)

BERITA REKOMENDASI