Hujan, CCTV Dishubinfokom Terganggu

SUKOHARJO (KRjogja.com)- Tiga unit kamera CCTV yang dipasang Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo sering bermasalah saat dalam kondisi hujan deras sehinga tidak bisa dilihat oleh masyarakat. Padahal keberadaan kamera CCTV sangat dibutuhkan untuk memantau kondisi arus lalu lintas saat mudik lebaran seperti sekarang.

Kepala Dishubinfokom Sukoharjo RM Suseno Wijayanto, Minggu (3/7) mengatakan, pada arus mudik lebaran tahun ini berbeda dibanding sebelumnya. Pada 2016 ini sudah ada dan tersedia fasilitas kamera CCTV untuk membantu memantau kelancaran arus lalu lintas kendaraan.

"Pemasangan tersebut diharapkan dalam membantu baik petugas maupun masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran. Meski demikian, Suseno mengakui masih ada sejumlah kendala yang dihadapi pada tahun pertama penerapan penggunaan kamera CCTV."

Secara terpisah, Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano, Minggu (3/7) mengatakan, volume kendaraan pemudik yang masuk wilayah Sukoharjo terus menunjukan peningkatan. Mulai dari sepeda motor, mobil pribadi hingga bus. Mereka masuk dengan tujuan akhir Sukoharjo maupun hanya sekedar transit kemudian melakukan kembali perjalanan ke daerah tujuan.

Pantauan petugas kendaraan pemudik yang masuk ke wilayah Sukoharjo tersebut mayoritas tiba di pada dinihari. Kondisi tersebut membuat pemudik dalam kondisi lelah dan mengantuk. Karena itu petugas yang mengatur lalu lintas mengarahkan pemudik sesuai petunjuk arah. Termasuk juga menghimbau kepada pemudik beristirahat pada tempat yang disediakan. “Jalur mudik di Sukoharjo semuanya sudah dijaga petugas dan dilengkapi petunjuk arah sebagai bagian menghindari pemudik tersesat saat masuk wilayah Sukoharjo,” ujar AKBP Ruminio Ardano. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI