Hujan Deras Disertai Angin Puting Beliung Rusak 36 Rumah di Boyolali Utara

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Puluhan rumah di wilayah Boyolali Utara di Desa Repaking, Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah porak poranda diterjang hujan deras disertai angin puting beliung. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (4/11/2021) pukul 15.00 WIB, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
Camat Wonosamodro, Joko Suseno mengatakan hujan lebat disertai angin puting beliung yang mengguyur wilayah Boyolali Utara sekitar pukul 16.00 WIB, mengakibatkan puluhan rumah rusak. Selain itu, hujan deras mengakibatkan banjir di Dukuh Kalikidang dan kalicincing.
” Hingga saat ini Jumat (5/11/2021) data sementara di dua Dukuh Kalikidang dan kalicincing sekitar 36 rumah yang rusak akibat hujan deras disertai angin puting beliung,” kata Joko Suseno.
Sementara, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Widodo Munir mengatakan pihaknya telah mengirimkan logistik darurat untuk mengantisipasi membantu masyarakat yang terkena bencana.
” Jadi Logistik darurat itu kebutuhan untuk makan hari ini, misalnya minyak, beras. Dan kita juga bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Boyolali membantu kebutuhan sosial untuk 2-3 hari kedepan,intinya hari ini sudah mengirimkan Tim kesana,” ujarnya.
Ia menambahkan, memang tahun 2021-2022 prediksi dari Badan Meteorologi memasuki musim La Nina. Sebab, La Nina bisa berpotensi menyebabkan bencana alam karena curah hujan, seperti longsor, banjir dan angin puting beliung.
” Jadi musim hujan di periode ini akan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat Boyolali agar mengantisipasi kemungkinan terjadinya angin kencang karena disebabkan oleh Hidrometeorologi,”tambahnya.
Pihaknya menghimbau kepada masyarakat boyolali agar mengantisipasi, yang terpenting lebih meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, sejauh ini pemerintah daerah bersama pihak terkait sudah melakukan upaya antisipasi bencana.” harapnya.(M-2)

BERITA REKOMENDASI