Hutan Paceklik Makanan, Kera Liar Masuk Pemukiman Warga

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Serangan kera liar yang merambah pemukiman warga di wilayah Karanggede cukup membuat warga was-was. Pada Selasa (11/7/2017) kemarin, serangan seekor kera membuat seorang warga terluka dan mendapat belasan jahitan di tubuhnya.

Kaur Pemerintahan Desa Klari, Budi Haryanto menceritakan, serangan kera pada Selasa siang kemarin terjadi di Dukuh Klari Wetan, Desa Klari, Karanggede. Saat seorang warga, Suti (70) sedang menjemur asem di halaman rumahnya yang berbatasan dengan wilayah hutan, seekor kera tiba-tiba menyerangnya dengan cukup brutal.

Karena serangan tersebut, korban mesti dibawa ke rumah sakit. Sebab luka sobek karena gigitan atau cakaran kera yang ia alami di bagian punggung dan pantat cukup panjang sehingga perlu dijahit.

"Kera yang menyerang hanya satu ekor," terangnya, Jumat (14/7/2017).

Sebelum menyerang, sebenarnya kera yang diperkirakan dari hutan KPH Telawa tersebut sudah terlihat berkeliaran di pemukiman warga beberapa hari sebelumnya.‎  Kera tersebut keluar dari hutan untuk mencari makan.

"Warga harus hati-hati bila ada kera," harapnya.

Salah satu warga Desa Klari, Pujiadi menambahkan, serangan atau penampakan kera liar yang berkeliaran di luar habitatnya di kawasan hutan  tak hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya, sekawanan kecil kera yang keluar hutan juga dilaporkan di berbagai desa lain di wilayah Karanggede , seperti di Desa Sendang, Desa Gupakwarak, Desa Dologan dan Desa Karangsalam, Desa Bangkok.

Untuk menghindari kera berkeliaran di pemukiman, ia meminta pemerintah untuk ambil tindakan. Semisal dengan menyediakan sumber makanan di hutan sehingga kera tak perlu berkeliaran di pemukiman waga.

"Jumlah anggota kawanan kera tak terlalu banyak, tapi kawanan tersebut cukup agresif," pungkasnya. (R-11)

 

BERITA REKOMENDASI