Ibunda Presiden Jokowi Kagumi Keahlian Para Koki

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 58 tim mengikuti lomba masakan kuliner nusantara yang di selenggarakan Perusahaan Tahu Sehat Sari di Alun-alun Klaten, Minggu (1/4/2018). Para pesera merupakan masyarakat umum dari Klaten, Yogyakarta, Kanada, dan Hongaria. Mereka memasak aneka olahan berbahan baku tahu.

Panitia lomba, Indiarto, mengatakan, lomba masakan kuliner bertujuan untuk memasyarakatkan makanan tahu sebagai pengganti protein. Selain itu menggali potensi kuliner yang mana dari menu terbaik bisa menjadi ikon makanan khas Klaten. Dalam lomba ini peserta mengolah masakan berbahan tahu produksi Perusahaan tahu Sari asal Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten.

"Tahu itu murah dan sehat karena merupakan sumber protein. Hal ini yang perlu dikenalkan masyarakat. Kami berharap dari kegiatan ini bisa menjadi penggerak usaha kecil menengah (UKM). Kami akan konsisten melakukan pendampingan dan pembinaan," ujarnya.

Penanggungjawab kegiatan, Suryo Sembodo, mengatakan, lomba masakan berbahan tahu sehat mengambil tema Ciptakan Makanan Sehat dengan Inovasi Tahu Penuh Keajaiban. Lomba ini akan berlangsung di 10 kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yakni Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Solo, Yogyakarta, Semarang.

Dijelaskan, hasil olahan peserta lomba diseleksi dan dinilai oleh dewan juri masing-masing Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Badan Pengurus Daerah (BPD) Jawa Tengah Hendro Purwanto dan Master Chef Ken. Sedangkan tamu kehormatan adalah ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo bersama Bupati Klaten Sri Mulyani.

Ketua ICA BPD Jawa Tengah, Hendro Purwanto, mengatakan, kriteria penilaian adalah kreativitas, cara penyajian, dan cita rasa. Pihaknya mengapresiasi antusiasme dan keahlian peserta dalam mengolah masakan berbahan tahu. Diharapkan dari kegiatan ini bisa menjadi edukasi bahwa tahu bisa dikonsumsi tidak hanya untuk lauk, namun bisa juga divariasikan dengan beragam bentuk aneka menu.

Sementara itu, ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo bersama Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi kegiatan lomba masakan kuliner nusantara yang digelar Perusahaan Tahu Sari. Diharapkan dari kegiatan itu akan membawa dampak pada peningkatan perekonomian UKM di Kabupaten Klaten.(Lia)

BERITA REKOMENDASI