Idul Adha Masih Lama, Harga Sapi Sudah ‘Menggila’

KLATEN (KRjogja.com) – Harga sapi potong di Kabupaten Klaten mulai merangkak naik meski perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah masih lama. Sampai pertengahan bulan Juli ini kenaikan rata-rata sampai Rp2 juta per ekor.

Salah satu peternak sapi di Kecamatan Jatinom, Joko Siswanto, Jumat (22/7/2016), mengatakan, kenaikan harga sapi potong telah berlangsung beberapa pekan terakhir. Satu pekan lalu, ia membeli sapi potong berkisar Rp 15,5 juta sampai Rp 17 juta per ekor. Sebelumnya, Rp 15 juta per ekor.

“Kenaikan harga sapi potong ini karena mendekati perayaan kurban (Idul Adha). Untuk persiapannya (Idul Adha), saat ini kami sudah pengadaan 10 ekor sapi, dan selanjutnya masih mencari (sapi) lagi,” ujarnya.

Joko memprediksi, ada kemungkinan harga sapi potong akan terus naik hingga mendekati Idul Adha pada September mendatang. Menurutnya, kondisi ini sudah lazim terjadi setiap momen hari besar keagamaan.

“Saat permintaan masyarakat akan sapi potong meningkat biasanya harganya pun juga ikut naik,” ujarnya.

Kenaikan harga sapi potong juga terjadi di wilayah Kecamatan Prambanan. Kenaikan harga sapi potong di wilayah itu mencapai Rp 500 ribu per ekor. Harga sapi yang biasanya dijual Rp 16 juta per ekor kini menjadi Rp 16,5 juta per ekor. (M-7)

BERITA REKOMENDASI