Ikut Lomba Germas, Desa Pranggong Ubah Hutan Jati Jadi Tempat Wisata

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 telah merubah segala tatanan kehidupan masyarakat dunia. Kini, masyarakat dituntut untuk bisa melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), sebagai salah satu cara menanggulangi pandemi Covid-19 tersebut. Desa Pranggong mewakili Kecamatan Andong sebagai Kampung Germas, yang akan mengikuti lomba tingkat Kabupaten Boyolali. Pelaksanaan Kampung Germas dipusatkan di Dukuh Beran dan Miribosok.

Ditemui di lokasi, Kepala Desa Pranggong, Wagimin menjelaskan Desa Pranggong tidak memiliki persiapan sama sekali untuk menjadi Kampung Germas. Namun dengan adanya kesepakatan dan gotong royong masyarakat bersama tenaga kesehatan Bidan Desa Pranggong terwujudlah Kampung Germas.

“Kami dalam kondisi awal memang sangat-sangat nol dari persiapan, tapi kami terima tantangan,” terangnya pada Selasa (31/8/2021).

Wagimin mengatakan, diinisiasi paska Lebaran Idul Fitri lalu untuk pelaksanaan segala persiapan, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat dan dengan sukarela masyarakat menanggapi positif adanya Kampung Germas tersebut.

“Kami mewajibkan seluruh penduduk yang ada di Dukuh Beran dan Miribosok ini, masing-masing rumah harus punya tanaman buah, punya tanaman toga, punya sayur mayur,” lanjutnya lagi.

BERITA REKOMENDASI