Imbas Covid-19, Kalangan Milenial di Klaten Buka Dapur Umum

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Kalangan milenial dari berbagai elemen yang tergabung dalam Klaten Tetap Waspada membuka dapur umum sebagai bentuk solidaritas pangan akibat dampak situasi tanggap darurat virus Corona (Covid-19), Sabtu (11/4/2020).

Setidaknya sudah ada tiga titik dapur umum yang telah dioperasikan, yakni Dapur 1 di Sukorame, Karang, Delanggu; Dapur 2 di Jalan Wijaya Kusuma, Klaten Tengah; dan Dapur 3 di Jalan Yogya-Solo, Jogonalan, Klaten.

Salah satu relawan, Fajar, mengatakan, keberadaan dapur umum sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Fungsinya sebagai tempat memasak dan hasilnya didistribusikan ke masyarakat khususnya para pekerja informal seperti tukang becak, kusir andong, dan lainnya.

Bahan baku pangan yang diolah di dapur umum berasal dari bantuan masyarakat. Sebelumnya, relawan menggalang donasi baik berupa dana, sembako, dan bahan pangan.

“Dibukanya dapur umum ini berawal saat kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer. Dari situ kita sambil survei sejauh mana dampak Corona kepada masyarakat, ternyata sampai ke ekonomi dan ketahanan pangan,” ujarnya. (Lia)

 

BERITA REKOMENDASI