Imbas Pembangunan Flyover Purwosari, Kartasura jadi Titik Macet Kendaraan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com –Arus lalu lintas kendaraan di wilayah Kecamatan Kartasura dan Baki dipastikan mengalami kepadatan dampak dari pembangunan flyover Purwosari, Kota Solo. Petugas akan melakukan pengaturan ekstra disejumlah ruas jalan untuk menghindari terjadinya kemacetan panjang kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto, Kamis (9/1) mengatakan, Dishub Sukoharjo bersama instansi terkait di Sukoharjo sudah diajak koordinasi pembangunan flyover Purwosari, Solo. Dalam pertemuan tersebut nantinya selama pembangunan flyover Purwosari, Solo akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan. Dampaknya dirasakan terhadap sejumlah ruas jalan di Sukoharjo khususnya di wilayah Kecamatan Kartasura dan Baki.

Ruas jalan tersebut seperti Jalan Slamet Riyadi, Kartasura, Jalan A Yani, Kartasura, Jalan Songgolangit, Baki, Jalan Songgobumi, Baki dan Jalan Tanjunganom-Daleman, Baki. Kendaraan baik keluar atau masuk Kota Solo akan dilewatkan di jalan tersebut. Hal itu dilakukan petugas mengingat ruas jalan tersebut berada di perbatasan antara Kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo.

“Pembangunan flyover Purwosari, Solo rencananya akan mulai dilaksanakan Januari ini dan kendaraan masih bisa melintas meski sudah diberlakukan pengalihan arus. Sedangkan Februari akan dilakukan pengalihan total arus kendaraan. Dampak semua itu dirasakan disejumlah titik ruas jalan di Sukoharjo. Beban kepadatan paling banyak di wilayah Kecamatan Kartasura dan Baki,” ujarnya.

Titik kepadatan kendaraan dampak dari pembangunan flyover Purwosari, Solo terjadi di simpang tiga Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura. Jalan tersebut merupakan perbatasan dengan sejumlah ruas jalan di Kota Solo. Petugas akan melakukan pengaturan ekstra agar tidak terjadi kamacetan panjang kendaraan.

Dishub Sukoharjo akan melakukan pengalihan arus lalu lintas mulai di simpang tiga Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura. Kendaraan dari arah timur atau Jalan Dr Radjiman Kota Solo dan dari arah selatan Sukoharjo akan diteruskan ke barat melintasi Jalan Slamet Riyadi, Kartasura. Pengalihan juga diberlakukan terhadap kendaraan dari arah Semarang menuju Solo melintasi Jalan Slamet Riyadi, Kartasura. (Mam)

BERITA REKOMENDASI