Info Pendaftaran BPUM Dipastikan Hoax

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo memastikan beredarnya link pendaftaran Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahap 2 Tahun 2021 hoax. Masyarakat diminta tidak terjebak informasi menyesatkan yang beredar di grup-grup Whatsapp (WA). Pengumuman resmi pendafaran bantuan masih menunggu kejelasan resmi dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Jumat (15/01/2021), mengatakan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait pembukaan pendaftaran BPUM tahap 2 Tahun 2021 setelah beredar informasi di grup-grup WA. Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti petugas dengan mencari informasi link pendaftaran yang dipertanyakan masyarakat. Hasilnya diketahui link pendaftaran tersebut dipastikan hoax dan menyesatkan.

Kepastian tersebut diketahui setelah Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo berkoordiansi dengan pihak kementerian terkait. Sebab sampai sekarang pemerintah pusat belum memberikan informasi resmi dan pembukaan pendaftaran BPUM tahap 2 Tahun 2021.

“Link pendaftaran BPUM yang beredar itu hoax. Masyarakat kami minta hati-hati dan tidak terjebak informasi menyesatkan. Pembukaan pendaftaran BPUM masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Keberadaan link pendaftaran BPUM hoax tersebut sudah ditemukan sejak beberapa hari terakhir. Masyarakat diminta tidak mengisi data data pribadi dalam link tersebut untuk menghindari terjadinya masalah karena rawan penipuan.

Sutarmo menjelaskan, dalam link pendaftaran BPUM tahap 2 Tahun 2021 yang beredar hoax dibuat oleh seseorang mirip dengan link pendaftaran resmi milik pemerintah. Hal itu seperti terlihat dalam isian data nama, nomor Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), nomor telepon, nomor rekening bank dan alamat lengkap.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo nantinya akan memberikan informasi resmi ke masyarakat apabila pemerintah pusat sudah membuka link pendaftaran BPUM tahap 2 Tahun 2021. Sosialisasi juga dilakukan mengingat bantuan modal usaha tersebut sangat dibutuhkan masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah pandemi virus corona seperti sekarang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI