Informasi Darurat Penting, Daya Akses Internet di Pengungsian Ditambah

KLATEN, KRJOGJA.com – Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kabupaten Klaten menambah daya akses internet di pengungsian. Penambahan daya akses internet difokuskan di Tempat Evakuasi Sementara (TES) Balai Desa Balerante, Tegalmulyo dan Sidorejo.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Klaten Amin Mustofa didampingi Kepala Seksi Komunikasi dan Desiminasi Informasi Dinas Kominfo Klaten, Joko Priyono, Kamis (19/11/2020) mengemukakan, penambahan daya akses internet di pengungsian tersebut, agar mempermudah akses komunikasi pengungsi dengan sanak saudaranya, mendukung pembelajaran daring dan usaha warga Merapi, serta transformasi informasi petugas di lapangan.

Langkah tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti perintah lisan Penjabat Sementara Bupati Klaten Sudjarwanto Dwiatmoko. Diskominfo langsung menurunkan petugas untuk bergerak di lapangan.

Amin Mustofa menjelaskan, dalam kondisi darurat kebutuhan informasi juga harus dipikirkan. Apalagi di daerah atas, biasanya sinyal agak sulit.

“Kita menambah bandwidth dari 10 Mbps dinaikan menjadi 30 Mbps. Semoga penambahan akses internet bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kemalang. Tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk menjalankan usaha-usahanya di tengah ancaman erupsi Merapi,” kata Amin Mustofa.

BERITA REKOMENDASI