Inovasi Dukcapil Klaten Ciptakan Layanan Berkualitas

KLATEN, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Dukcapil Klaten H Sri Winoto SH Rabu (11/11) mengemukakan, telah melakukan berbagai inovasi pelayanan untuk memudahkan dan memuaskan masyarakat. “Pelayanan administrasi kependudukan ini kan layanana dasar. Setiap warga negara sejak lahir sampai meninggal harus kita berikan layanan. Jadi setiap saat kita harus melakukan terobosan agar layanan kita semakin baik, makin cepat dan memuaskan masyarakat,” kata Sri Winoto.

Berbagai terobosan tersebut adalah, untuk bidang Capil, terdapat empat inovasi. Yakni pelayanan “4 in 1” yang merupakan pelayanan dengan empat output dokumen sekaligus. Yakni NIK, KK, Akta kelahiran, dan KIA. Pelayanan “Duka Tamat” merupakan pelayanan pembuatan akta kematian ke rumah duka. Layanan ini dengan output akta kematian, KK baru, dan KTP-el pasangan yang ditinggalkan. Selanjutnya ada pelayanan online ‘Buah Hati”. Merupakan layanan pembuatan akta kelahiran tanpa antri, bekerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada di Klaten. Selain itu, juga ada pelayanan kolektif akta kematian dari desa/kelurahan.

Untuk bidang Dafduk, terdapat inovasi layanan SIPON KEDUTEN, Pelaut Bala, dan layanan kolektif pencetakan KIA melalui sekolah. SIPON KEDUTEN merupakan sistem pelayanan online Disdukcapil Klaten yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi di smartphone android. “Kita luncurkan layanan online ini pada saat awal pandemi. Untuk mengurangi layanan tatap muka dan kerumunan,” jelas Sri Winoto pula.

Pelaut Bala, merupakan layanan jemput bola ke sekolah-sekolah, ke rumah warga berkebutuhan khusus dan disabilitas. Inovasi bidang PIAK berupa digitalisasi arsip, untuk menyelamatkan arsip akta kelahiran dengan cara membackup arsip secara fisik dan isi informasinya, dari ancaman kerusakan dan kehilangna. Dengan demikian arsip menjadi lebih aman dan terlindungi. Selain itu, juga untuk mempercepat temu kembali arsip, sehingga dapat memanfaatkan waktu kerja pegawai menjadi lebih efektif.

BERITA REKOMENDASI