RSD Bagas Waras Inovasi Percepat Penyembuhan Pasien Covid

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten melakukan inovasi dalam penanganan pasien Covid 19. Mereka tidak dikurung terus menerus dalam ruang isolasi, melainkan secara berkala diajak bercengkerama di alam terbuka, berjemur dan juga untuk berolahraga. Hal ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan imunitas pasien, sehingga mempercepat kesembuhan mereka.

Dirut RSD Bagas Waras Klaten, dr Limawan Budiwibowo M.Kes, Selasa (2/6/2020) mengemukakan, pihaknya terus melakukan inovasi untuk memperbesar harapan hidup dan mempercepat kesembuhan pasien Covid yang dirawat di RSD Bagas Waras.

Yang utama adalah menjaga mental para pasien agar tidak drop, karena berada di ruang isolasi. “Kami membawa pasien ke ruang terbuka di kompleks bangsal Covid, tentu dengan penjagaan ketat. Mereka kita ajak senam, berjemur, sehingga dengan tetap jaga jarak mereka juga bisa ngobrol dengan sesama pasien dan tim medis,” kata dr Limawan.

Lebih lanjut dr Limawan menjelaskan, upaya membawa pasien ke ruang terbuka dilakukan pada waktu yang tidak sama setiap harinya. Hal ini untuk tetap menjaga privasi pasien.

Selain itu, para pasien juga diijinkan membawa HP, laptop dan hal lainya yang bisa membuat mereka senang. Namun, tetap diarahkan agar tidak membuka situs atau berita yang membuat mereka menjadi khawatir.

BERITA REKOMENDASI