Investasi Mulai Naik, Pemkab Sukoharjo Matangkan Perluasan Kawasan Industri

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Rencana perluasan kawasan industri di wilayah Kecamatan Bendosari segera direalisasikan. Dasarnya yakni setelah ada penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Sukoharjo Nomor 14 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sukoharjo Tahun 2011 – 2031. Sampai sekarang masih dilakukan persiapan teknis berkaitan dengan luasan kebutuhan lahan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono, Kamis (15/3/2018) mengatakan, kawasan industri sebelumnya sudah ada disejumlah desa di wilayah Kecamatan Nguter dan dikenal menjadi Kawasan Industri Nguter. Seluruh lahan yang disediakan disana semuanya telah habis dibangun berbagai industri oleh para investor.

Pemkab Sukoharjo selanjutnya berencana melakukan perluasan kawasan industri masuk di wilayah Kecamatan Bendosari. Lokasi tersebut dipilih karena berada paling dekat dengan Kecamatan Nguter. Selain itu karena faktor ketersediaan lahan untuk memenuhi kebutuhan investor tersedia.

Rencana perluasan kawasan industri di wilayah Kecamatan Bendosari masih dalam tahap persiapan. Salah satunya berkaitan dengan kebutuhan luasan lahan yang akan disediakan. Sebab posisi lahan sekarang masih dimiliki oleh warga atau perseorangan. Karena itu butuh dilakukan perencanaan agar investor tidak mengalami kesulitan.

"Soal berapa luasan lahan yang akan sediakan masih belum final karena baru tahap perencanaan. Namun yang jelas angkanya ratusan hektare," ujarnya.

Nantinya kawasan industri di Nguter akan terhubung dengan Bendosari. Pemkab Sukoharjo berencana akan melengkapi kebutuhan infrastruktur penghubung dikedua wilayah dengan pembangunan jalan tembus. Infrastruktur lainnya seperti jaringan listrik untuk memenuhi kebutuhan industri.

Rencana perluasan kawasan industri di Nguter ke Bendosari tidak akan menggunakan akan mengurangi lahan hijau atau pertanian. Sebab lahan yang akan dipakai merupakan tanah kurang subur dan peruntukannya bukan untuk pertanian.

Perluasan kawasan industri di Bendosari direncanakan bisa direalisasikan pada Tahun 2018. Pemkab Sukoharjo terus mempersiapkan agar pelaksanaan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan.

"Sudah ada beberapa investor tertarik menanamkan investasi di Sukoharjo dan melirik perluasan kawasan industri di Bendosari," lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, benar ada rencana perluasan kawasan industri Nguter ke Bendosari. Pemkab Sukoharjo sudah melakukan persiapan salah satu yang telah terlaksana yakni aturan pelaksanaan seperti dalam Perda perubahan RTRW. Aturan tersebut sangat penting dan telah ditunggu lama.

"Perluasan kawasan industri dari Nguter ke Bendosari masih persiapan. Namun yang jelas sudah ada aturan yang mendukung seperti dalam Perda perubahan RTRW," ujarnya.

Perluasan kawasan industri di Bendosari sangat disambut baik oleh Pemkab Sukoharjo. Sebab sudah banyak investor tertarik membuka usaha disana. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI