Jabatan Prestise, Perangkat Desa Dilirik Anak Muda

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Lebih dari seribu orang pelamar akan mendaftar sebagai calon perangkat desa. Jabatan sebagai perangkat desa merupakan prestise atau memiliki wibawa atau gengsi tersendiri.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Jumat (08/12/2017) mengatakan ada fenomena menarik pada pengisian kekosongan perangkat desa kali ini. Lowongan tersebut tidak hanya diincar para orang tua melainkan juga dilirik anak muda.

"Sebagian memang calon pelamar perangkat desa dari kalangan orang tua. Tapi kali ini ada fenomena dimana anak muda banyak yang berusaha melamar dan mengisi kekosongan tersebut,” ujar Setyo Aji Nugroho.

Terkait dengan kondisi tersebut, Setyo Aji Nugroho mengatakan, ada kebanggan sendiri. Sebab anak muda ingin menjadi perangkat desa mengingat jabatan tersebut sangat prestise.

Pemdes Sukoharjo terus melakukan pemantauan persiapan pelaksanaan pengisian perangkat desa di semua desa. Termasuk juga berkoordinasi dengan petugas lintas organisasi perangkat daerah (OPD). Salah satunya seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Pemohon yang meminta legalisir KTP dan Akta Kelahiran di Dispendukcapil Sukoharjo sangat banyak. Itu dilihat dari antrean,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI