Jadi Lokasi Wisata, Sampah Sungai Baran Dibersihkan

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Ratusan warga dibantu jajaran TNI/Polri bekerja bakti membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai Baran dari Desa Jatirejo hingga Kedungduren, Kecamatan Sawit, Minggu (09/04/2017). Rencananya, sepanjang aliran sungai tersebut akan dikembangkan menjadi lokasi wisata susur sungai atau river tubing oleh pemerintah Kecamatan Sawit.

Dalam gotong-royong tersebut, warga membersihkan sampah sekaligus membuat jalur susur sungai dengan membabati tanaman ilalang sehingga jalur lebih nyaman dilintasi. Sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dibuang ke TPA Winong dengan truk yang sudah dipersiapkan.

Camat Sawit, Dwi Sundarto mengatakan, upaya pengembangan wisata susur sungai tersebut sudah dilakukan cukup matang, diantatanya dengan menginstruksikan pembentukan BUMDes gabungan empat desa yang wilayahnya menjadi lokasi susur sungai, yakni Desa Guwokajen, Jatirejo, Kedungduren, dan Bendosari. 

"BUMDes yang akan mengelola wisata tersebut diharapkan sudah terbentuk pada bulan puasa nanti, sehingga saat libur lebaran nanti, kawasan wisata tersebut susah bisa dibuka,” terangnya.

Selain sebagai tempat rekreasi yang dimaksudkan mendorong ekonomi masyarakat, upaya membangun kawasan wisata di sepanjang sungai juga diharapkan bisa memantik kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. (R-11)

BERITA REKOMENDASI