Jadwal Pilkades Massal 11 Desa Dilaksanakan 31 Oktober

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) massal di 11 desa akhirnya terjawab pada 31 Oktober mendatang. Tahapan pertama kegiatan tersebut akan dimulai pada 10 September mendatang.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Rabu (07/08/2019) mengatakan, sudah ada keputusan resmi mengenai pelaksanaan Pilkada massal di 11 desa pada 31 Oktober mendatang. Hal itu sekaligus menjadi jawaban setelah sebelumnya sempat belum ada kepastian waktu pelaksanaan pesta demokrasi ditingkat desa.

Sebanyak 11 desa tersebut yakni, Desa Karanganyar dan Desa Jatingarang di Kecamatan Weru, Desa Lengking di Kecamatan Bulu, Desa Jagan dan Desa Mertan di Kecamatan Bendosari, Desa Wonorejo di Kecamatan Polokarto, Desa Triyagan di Kecamatan Mojolaban, Desa Purbayan, Desa Duwet dan Desa Gedongan di Kecamatan Baki, Desa Jati di Kecamatan Gatak.

Sebanyak 11 kepala desa (kades) tersebut telah menjabat sejak 2013 – 2019. Jabatan mereka akan habis terhitung 9 November mendatang. Karena itu kekosongan nanti akan diisi melalui mekanisme pelaksanaan Pilkades.

Sebelumnya Pemkab Sukoharjo sempat mewacanakan pelaksanan Pilkades terhadap 11 desa yang habis masa jabatannya pada tahun 2019 akan ditunda di 2020. Hal itu disebabkan karena regulasi pemerintah pusat tentang pelaksanaan Pilkades massal bisa digelar dengan rentang waktu minimal dua tahun.

Pemkab Sukoharjo sendiri baru saja menggelar pelaksanaan Pilkades massal di 125 desa pada Desember tahun 2018 lalu. Namun regulasi tersebut bisa tidak berlaku apabila ada izin dari pusat dan kesiapan daerah.

“Jadwal pelaksanaan Pilkades massal di 11 desa digelar 31 Oktober mendatang. Tahapan pertama kegiatan tersebut akan dimulai pada 10 September mendatang,” ujarnya.

Bagian Pemdes Pemkab Sukoharjo sekarang sudah melakukan sosialisasi dengan mengundang semua pihak terkait. Mereka seperti dari pihak desa, panitia kabupaten, camat, kepala desa, BPD dan lainnya.

Aji menjelaskan, tahapan Pilkades dimulai pada 10-12 September dengan pembentukan panitia. Kegiatan dilanjutkan dengan, Penyusunan tatacara Pilkades 13-16 September 219, Pendaftaran Pemilih 17 September – 24 Oktober 2019, Pendaftaran pemilih, Penetapan DPS, Pengumuman DPS, Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan, Pengumuman Daftar Pemilih Tambahan, Penetapan DPT, Pengumuman DPT. (Mam)

BERITA REKOMENDASI