Jaga Ekosistem, Temuan Ular Dilepasliarkan ke Sawah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menemukan puluhan ekor ular terhitung sejak Januari-Februari 2021. Ular tersebut dievakuasi setelah ada laporan dari warga. Ular setelah ditangkap kemudian dilepasliarkan lagi ke areal persawahan dan diserahkan ke komunitas satwa untuk dipelihara. Warga diminta tetap waspada dengan kemunculan ular selama musim penghujan karena sudah sering ditemukan kasus.

Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono, Minggu (28/2/2021) mengatakan, temuan ular cukup banyak mengingat terjadi saat musim hujan. Ular tersebut ditemukan masuk ke dalam rumah, sekolah dan beberapa tempat usaha. Petugas melakukan evakuasi setelah mendapat laporan dari warga. Keberadaan ular tersebut membuat kaget dan dianggap membahayakan warga sehingga perlu ditangkap dan dipindahkan petugas.

Ular yang ditemukan memiliki ukuran bervariasi mulai anakan kecil sampai indukan besar. Selain itu jenisnya juga beragam dan kebanyakan merupakan kobra. Temuan tersebut dikatakan Margono membahayakan karena bisa melumpuhkan orang apabila terkena gigitan bisa ular kobra.

“Terhitung Januari-Februari 2021 ada sekitar belasan mungkin sampai puluhan ekor ular yang ditemukan. Sebab dalam proses evakuasi setelah dapat laporan warga dilakukan Damkar Satpol PP Sukoharjo tapi ada yang dibantu komunitas hewan atau relawan bencana alam,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI