Jaga Kebhinekaan, Relawan Bagikan Bunga

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Ratusan warga yang tergabung dalam komunitas relawan Semut Ireng dan Aku Cinta Indonesia membagikan bunga kepada warga di Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Pandanaran, Boyolali, Minggu (20/11/2016). Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian atas kebhinekaan bangsa Indonesia yang saat ini dinilai terancam.

Tanpa orasi dan retorika, relawan membagikan bunga mawar yang menjadi simbol perdamaian tersebut sebagai bentuk ajakan kepada warga untuk lebih peduli atas berbagai permasalahan bangsa, terutama isu-isu perpecahan diantara elemen bangsa yang mengemuka dan menjadi keprihatinan saat ini.

Ketua penyelenggara kegiatan, Arif Maulana menjelaskan, aksi simpatik ini dilakukan untuk mengajak warga merawat kebhinekaan serta kemajemukan Bangsa Indonesia yang saat ini ia nilai terancam oleh gerakan yang menjurus ke perpecahan, sehingga nilai-nilai kebhinekaan saat ini mesti dirawat dan dikuatkan. “Bangsa ini, menjadi besar dibangun dari dasar kemajemukan dan kebhinekaan,” terangnya.

Camat Boyolali kota, Dahat Wilarso menambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang ditujukan untuk memperkuat ketahanan dan kedaulatan bangsa. Meski bersifat simbolis, namun kegiatan tersebut mengandung nilai dan semangat yang positif. Kepedulian masyarakat atas kondisi bangsa saat ini sangat penting untuk menjaga persatuan bangsa.

Yulianto (43), salah satu pengunjung CFD yang mendapat sekuntum bunga mengatakan, kegiatan-kegiatan yang menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa memang mesti digiatkan. Meskipun dilakukan dalam skala kecil, namun bila dilakukan secara kontinyu tentunya akan menggerakkan elemen masyarakat lain untuk berbuat hal serupa, atau minimal menumbuhkan kepedulian atas nasib dan kondisi bangsa saat ini.

“Sekarang banyak yang apatis atas kondisi bangsa, sehingga rasa kepedulian untuk merawat kebhinekaan mesti dipantik sebab ini adalah tanggung jawab kita semua,” tandasnya. (R-11)

BERITA REKOMENDASI