Jaga Kelestarian Lingkungan, Program Biopori Digencarkan

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Upaya meningkatkan kualitas lingkungan terus disosialisasikan dan digalakkan, salah satunya dengan program pembuatan 100 biopori di SMAN 1 Boyolalo yang digagas Kodim 0724/Boyolali, Rabu (14/6). 
Dalam kegiatan tersebut, personel TNI dan para siswa melakukan pengerjaan lubang dan penanaman paralon biopori secara bersama-sama. Dilibatkannya para siswa diharapkan bisa meningkatkan kesadaran lingkungan sejak dini.

“Biopori ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan resapan air tanah sehingga bisa mencegah banjir, longsor, hingga menyuburkan tanah,” terang Kasdim 0724/Boyolali, Mayor (Inf) Kuncoro Dewo.

Mengingat manfaatnya yang besar, pihaknya akan terus melakukan pembuatan biopori di seluruh wilayah Boyolali. Selain sekolah-sekolah yang sekaligus menjadi pembelajaran dini kepada para siswa, pembuatan biopori juga akan menggandeng berbagai pihak lain secara luas, diantaranya instansi pemerintah, swasta, serta masyarakat.

Pihaknya optimis program ini akan berhasil, sebab pembuatan biopori tak memerlukan biaya yang banyak, sementara manfaat yang diberikan cukup besar.  Sehingga yang perlu digalakkan saat ini adalah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli pada kelestarian lingkungan. (R-11)

BERITA REKOMENDASI