Jaga Nasionalisme, Warga Sidomulyo Cuci Massal Bendera Merah Putih

Editor: Ary B Prass

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 pada 17 Agustus mendatang,warga lereng Gunung Merbabu tepatnya di Dukuh Beji Rt 05 Rw 03, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah punya tradisi untuk menjaga rasa Nasionalisme mereka. Yakni,dengan mencuci bendera Merah Putih secara massal.
Bertempat di jalan dukuh setempat, Minggu (8/8/2021) pagi, sebagian warga dukuh berkumpul dan menerapkan protokol kesehatan dengan membawa bendera merah putih serta alat cuci.
Kepala Desa Sidomulyo, Muh. Sawali menjelaskan, tradisi warga Desa Sidomulyo setiap bulan Agustus adalah mencuci bendera merah putih yang kemudian dipasang di jalan. Biasanya, seluruh warga desa ikut dalam kegiatan tersebut, namun karena pandemi Covid-19, hanya mengikutsertakan 30 orang anggota karang taruna dan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.
“Tujuan kami adalah untuk menjaga jiwa nasionalis daripada warga kami,” ujarnya.
Sawali mengatakan, tahun ini pihaknya hanya mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Desa. Sebelum pandemi, biasanya upacara diadakan di masing-masing dukuh. Selain itu, pihaknya juga meniadakan kegiatan perlombaan dalam memeriahkan acara HUT Kemerdekaan RI ini.
“Kami untuk saat ini hanya mengadakan upacara saja, dan itupun dengan protokol kesehatan. Dua tahun terakhir kita off, tidak ada kegiatan,” katanya.
Terpisah, salah satu warga Desa Sidomulyo, Maryani mengaku bahwa tradisi cuci bendera rutin dilakukan setiap tahun.
“Dilakukan setiap satu tahun sekali, rutin. Terus pemasangan bendera itu dari tanggal satu sampai 30 Agustus,” pungkasnya. (M-2)

BERITA REKOMENDASI