Jalan Jembatan Ambles, Akses Sukoharjo – Klaten Putus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Akses antar kabupaten menggunakan mobil melintasi Jembatan Purworejo di Dukuh Suruhan, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Sukoharjo ke Cawas, Klaten terputus karena amblesnya jalan. Warga hanya bisa melintas menggunakan sepeda motor dan jalan kaki. Petugas dari Bina Marga Provinsi Jawa Tengah sudah melakukan perbaikan.

Petugas perbaikan jalan Supardi, Kamis (28/3/2019) mengatakan, kerusakan terjadi pada jalan cor beton penghubung antara jalan dengan jembatan yang ambles. Amblesnya jalan terjadi pada Rabu (28/3/2019) malam dan kemungkinan disebabkan karena kondisi bagian tanah urug kurang padat. Sedangkan pada bagian jembatan kondisinya masih baik tidak ada masalah.

Usai kejadian Bina Marga Provinsi Jawa Tengah langsung turun tangan dengan menerjunkan petugas melakukan perbaikan. Penanganan dilakukan dengan pembongkaran jalan cor beton. Butuh waktu beberapa hari agar proses tersebut bisa selesai semua.

"Jalannya ambles dan untuk sementara akses warga terganggu. Petugas sudah melakukan penanganan dengan perbaikan jalan," ujarnya.

Akibat dari amblesnya jalan membuat akses warga menggunakan mobil melintasi Jembatan Purworejo di Dukuh Suruhan, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Sukoharjo ke Cawas, Klaten terputusmenjadi terputus. Warga terpaksa harus memutar menggunakan jalan alternatif cukup jauh untuk mengakses antar kabupaten.

Meski begitu untuk pengendara sepeda motor dan pejalan kaki masih bisa mengakses jembatan. Mereka diizinkan melintas secara bergantian karena sempitnya jalan yang bisa dilintasi.

Salah satu warga Weru, Warno mengatakan, keberadaan jembatan sangat penting baik bagi warga Weru, Sukoharjo maupun Cawas, Klaten. Sebab jembatan tersebut menjadi penghubung warga antar kabupaten.

"Jembatan ini sebenarnya baru saja selesai dibangun Desember 2018 lalu tapi sekarang sudah rusak karena jalan ambles. Warga berharap perbaikan secepatnya bisa diselesaikan," ujarnya.

Camat Weru Pandiyanto mengatakan, status jalan yang ambles tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Karena itu perbaikan diserahkan kepada pihak provinsi dan langsung mendapat respon.

Proses perbaikan sekarang sudah dilakukan setelah beberapa pekerja melakukan aktifitas di lokasi jalan ambles. Pemerintah Kecamatan Weru juga menerjunkan petugas untuk melakukan pemantauan.

"Jembatan itu sangat dibutuhkan masyarakat. Meski hanya sebagai jalur alternatif tapi mobilitas disana sangat padat karena menghubungkan Weru, Sukoharjo dengan Cawas, Klaten," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI