Jalan Raya Relatif Sepi, Penyekatan Arus Balik Tetap Dilakukan

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Kendaraan dari Jakarta, Jawa Barat maupun Jawa Timur yang akan keluar melewati Klaten, diputar balik untuk kembali masuk ke wilayah Jawa Tengah. Hal ini dilakukan jajaran Polres Klaten dan petugas gabungan, pasca lebaran.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Minggu (16/5/21) mengemukakan, ia memimpin langsung penyekatan arus balik Idul Fitri tahun 2021 di Pospam Prambanan, Sabtu (15/5/21).

Selanjutnya, Kapolres melalui Kasat Lantas AKP Abipraya Guntur S mengatakan, penyekatan yang dilakukan kali ini menyasar kendaraan plat luar daerah yang akan meninggalkan wilayah Jawa Tengah.

“Pada penyekatan arus balik, kendaraan plat B maupun plat kendaraan dari Jawa Timur ataupun Jawa Barat kita putar balik kembali ke Jawa Tengah.” kata AKP Abipraya Guntur S.

AKP Abipraya menjelaskan bahwa teknis pelaksanaan penyekatan arus balik masih seperti pada penyekatan arus mudik sebelumnya. Setiap kendaraan yang diidentifikasi akan melakukan perjalanan balik ke perantauan akan dihentikan oleh petugas gabungan. Pengemudi dan penumpang kemudian akan diperiksa identitas, surat perjalanan dinas serta surat keterangan hasil tes covid-19 seperti GeNose dan swab antigen.

“Apabila saat kita periksa penumpang ada indikasi batuk pilek atau tidak bisa menunjukkan hasil GeNose atau suatu antigen akan kita arahkan ke pos. Kita ambil sampel misalnya drivernya atau salah satu penumpang apabila hasilnya negatif akan kita persilahkan jalan kembali. Namun apabila hasilnya positif akan kita putar balik atau kita rujuk ke rumah sakit terdekat.” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI