Jalan Suwarno Honggopati Langenharjo Rusak Parah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kerusakan di Jalan Suwarno Honggopati atau tepatnya di depan Balai Desa Langenharjo Kecamatan Grogol dikeluhkan masyarakat. Jalan sebenarnya baru saja diperbaiki beberapa bulan lalu namun sekarang rusak setelah ada banyak lubang besar dan membahayakan. Kerusakan diduga karena seringnya terjadi genangan air akibat luapan saluran drainase saat hujan turun.

Pantauan di lokasi kerusakan jalan dengan adanya lubang terjadi mulai dari pertigaan tugu langenharjo hingga disebelah barat balai desa. Pengguna jalan yang melintas harus ekstra waspada apabila tidak ingin terperosok.

Salah satu warga Desa Langenharjo Kecamatan Grogol Yadi, Kamis (29/12/2016) mengatakan, jalan rusak terjadi hampir dua bulan ini. Namun kerusakan parah dilihatnya saat awal Desember waktu sering turun hujan deras dan mengakibatkan terjadinya genangan air dan banjir.

Saat genangan terjadi kondisi jalan rata dengan air dan lubang tidak terlihat. Akibatnya beberapa pengguna jalan khususnya sepeda motor sering terperosok dan terjatuh. Beberapa warga sempat memberikan tanda peringatan dengan memasang daun pisang dan hanya bertahan beberapa saat saja.

“Jalan ini sebenarnya sudah sering diperbaiki oleh Pemkab Sukoharjo. Bahkan perbaikan berulang setiap tahun. Tapi usai diperbaiki selalu rusak dititik sama yakni di pertigaan tugu hingga depan Balai Desa Langenharjo,” ujar Yadi.

Kerusakan dijelaskan Yadi lebih disebabkan karena faktor genangan air dan banjir saat hujan turun. Sebab posisi jalan tepat berada disamping saluran drainase yang sering meluap saat hujan deras turun.

“Saluran drainase ini mendapat kiriman air dari wilayah Baki. Bahkan air buangan dari Klaten juga mengalir ke sini sebelum dibuang ke Sungai Bengawan Solo. Jadi saat hujan deras saluran tidak mampu menampung dan meluap. Akibatnya jalan menjadi rusak,” ujar warga Langenharjo, Grogol lainnya Bambang saat mendampingi Yadi melihat kerusakan jalan di depan Balai Desa Langenharjo, Grogol.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo Suraji mengatakan, silahkan masyarakat memberikan informasi mengenai kondisi jalan rusak di wilayahnya. Nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan oleh petugas untuk dilakukan perbaikan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI