Jalan Tinggen – Stasiun Gawok Dibuat Satu Arah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jalan Tinggen-Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi mulai 22 Maret mendatang akan diberlakukan sistem satu arah (SSA). Aturan tersebut hanya berlaku untuk mobil atau kendaraan dengan roda empat atau lebih. Penerapan tersebut dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengingat kondisi jalan sempit dan tidak mampu dilintasi kendaraan berukuran besar.

Plt Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Senin (15/03/2021) mengatakan, Dishub Sukoharjo menerima banyak masukan dan sudah melakukan pengecekan terkait kondisi jalan dan arus lalu lintas di jalan Tinggen-Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi. Kondisi jalan sempit dan ramai kendaraan mulai sepeda motor, mobil dan truk melintas dari berbagai wilayah.

Jalan membelah sawah tersebut menjadi pilihan masyarakat untuk melintas karena lebih cepat mengakses menuju ke sejumlah wilayah dan jalur penting ke Kecamatan Grogol maupun ke Sukoharjo. Ramainya arus lalu lintas kendaraan dan kondisi jalan sempit mengakibatkan terjadinya masalah disaat jam sibuk seperti pagi dan sore.

“SSA diberlakukan di jalan Tinggen-Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB mulai 22 Maret,” ujarnya.

Saat diberlakukan SSA di jalan Tinggen – Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi nanti mobil atau truk dari arah barat ke timur dilarang melintas. Mobil atau truk akan dialihkan menggunakan jalan lain, sedangkan mobil atau truk dari arah timur ke barat diperbolehkan melintas.

“Dishub Sukoharjo sedang sosialisasi ke masyarakat melalui pamflet, media sosial dan memasang rambu petunjuk arah di lokasi,” lanjutnya.

Dishub Sukoharjo masih memiliki waktu satu pekan kedepan untuk sosialisasi kepada masyarakat. Saat pelaksanaan nanti juga akan menempatkan petugas membantu melakukan pengaturan lalu lintas di jalan Tinggen-Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi.

Pada awal pemberlakuan nanti Dishub Sukoharjo masih akan terus melakukan sosialisasi dan pengaturan lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerapan SSA berjalan sesuai harapan.

“Pemberlakuan SSA diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas di jalan Tinggen-Stasiun Gawok atau depan Kantor Kecamatan Gatak hingga simpang empat Gapuro Trosemi. Selain itu juga meminimalisir kecelakaan lalu lintas,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI