Jalur Evakuasi Hancur, Warga Sidorejo Datangi DPRD Klaten

KLATEN, KRJOGJA.com – Jalur evakuasi hancur, warga kawasan rawan bencana (KRB) Merapi, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten ramai-ramai mendatangi DPRD Klaten untuk “Matur Ibu Bupati dan Pak Ketua DPRD”, Kamis (25/11/2021).

Riyanto, Mewakili paguyuban Ketua RW se Sidorejo mengemukakan, minta pemerintah kabupaten untuk segera membangun jalan yang menjadi jalur evakuasi saat Merapi Erupsi tersebut. “Bukan hanya minta diperbaiki, tapi minta dibangun, karena kondisinya bukan lagi parah melainkan sudah tidak bisa dilewati,” ungkap Riyanto.

Hancurnya jalur evakuasi tersebut sangat berpengaruh pada semua sektor. Dari sektor sosial, ketika terjadi erupsi Merapi akan menimbulkan masalah baru saat melewati jalan tersebut. Dari sisi ekonomi banyak warga mengeluh, ongkos semua produksi jadi mahal. Dicontohkan, membeli pakan yang seharusnya ongkos kirirm hanya Rp 100 ribu menjadi Rp 200 ribu. Bahan bangunan, pengiriman semen yang harusnya gratis menjadi harus ada ongkos tambahan.

Faktor utama penyebab hancurnya jalur evakuasi karena pemakaian dan sejak pasca erupsi tahun 2010 hingga sekarang belum pernah ada perbaikan dari pihak terkait.

BERITA REKOMENDASI