Jamaah Haji Kloter I Sukoharjo Tiba di Tanah Air

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 358 orang jamaah haji Sukoharjo yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I tiba di tanah air dengan selamat, Minggu (18/8/2019). Mereka selanjutnya akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan terakhir oleh petugas sebelum kembali pulang ke rumah masing masing. Sebab afa beberapa jamaah haji kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi mengatakan, jamaah haji kloter I asal Sukoharjo tiba di bandara Adi Soemarmo dan selanjutnya dibawah ke asrama haji Donohudan, Boyolali sekitar pukul 10.40 WIB. Kondisi seluruh para jamaah sehat dan tidak ada keluhan sakit parah. 

Total ada 358 orang jamaah haji kloter I asal Sukoharjo dengan satu jamaah diantaranya meninggal dunia. Jamaah haji yang meninggal tersebut yakni Paiman binti Djoko Wiyono asal Kecamatan Mojolaban sebelumnya sempat dirawat di RSAS Heera Mekkah. 

“Jamaah haji kloter I Sukoharjo tiba di tanah air dengan sehat dan selamat,” ujarnya. 

Kemenag Sukoharjo lega dengan kepulangan jamaah haji kloter I di tanah air dengan sehat dan selamat. Sebab ada beberapa orang jamaah haji memiliki usia diatas 60 tahun dan masuk resiko tinggi. Namun ternyata selama menjalankan ibadah di tanah suci semua dapat berjalan dengan lancar. 

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari beberapa hal yang sudah dipersiapkan oleh Kemenag Sukoharjo. Salah satunya sosialisasi dan persiapan terhadap seluruh jamaah haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci. Selain itu Kemenag Sukoharjo juga melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo dalam membantu pengawasan kesehatan jamaah haji baik sebelum diberangkatkan hingga kepulangan. 

“Kondisi kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat kami perhatikan terhadap jamaah. Selama beribadah haji para jamaah juga terus dipantau kesehatannya oleh tim disana,” lanjutnya. 

Kemenag Sukoharjo bersama petugas setelah ini masih akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan jamaah haji setelah tiba di tanah air. Sebab ada beberapa jamaah haji yang perlu mendapatkan penanganan. 

“Jamaah haji yang kelelahan selama menempuh perjalanan pulang sudah mendapatkan penanganan medis oleh petugas. Sedangkan jamaah lain yang sehat sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing masing,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI