Jelang Pelantikan, Caleg Terpilih Belum Ditetapkan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sepekan menjelang jadwal pelantikan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo untuk periode lima tahun kedepan, calon terpilih melalui Pemilu 2019 belum juga ditetapkan. Menyusul adanya sengketa hasil Pemilu untuk calon anggota DPR RI yang hingga kini belum selesai.

“Kita masih menunggu hasil dari Mahkamah Konstitusi (MK), sebab meskipun yang bersengketa merupakan calon anggota DPR RI namun imbasnya juga ke daerah,” kata Anggota KPU Purworejo Akmalia MPdI, Rabu (07/08/2019).

Dalam evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019 KPU Purworejo di sebuah rumah makan di Purworejo, Akmalia menjelaska, bahwa setelah ada putusan dari MK nanti, KPU akan langsung menetapkan calon anggota DPRD terpilih. Sementara keanggota DPRD Purworejo periode lima tahun sejak Pemilu 2014, akan berakhir pada 14 Agustus 2019.

Dalam evaluasi yang juga dihadiri Pimpinan Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn, perwakilan media, Polres, Kodim 0708 berserta perwakilan partai politik (Parpol) dan LSM serta stakeholders lainnya ini terungkap bahwa kegiatan Pemilu 2019 dinilai kurang manusiawi, terutama terhadap para petugas Pemilu di tingkat paling bawah yang barus bekerja hingga pagi hari berikutnya tanpa jeda istirahat. Akibatnya banyak petugas yang jatuh sakit bahkan dari pihak Bawaslu ada yang sampai meninggal dunia. “Dari jajaran kami ada petugas wanita yang keguguran dua orang, dan 17 lainnya jatuh sakit,” jelas Akmalia.

Tak kalah tragisnya di jajaran Bawaslu, menurut Nur Kholiq, ada dua anggota jajarannya yang sampai meninggal dunia. (Nar)

BERITA REKOMENDASI