Jelang Pilgub Jateng 2018, Serikat Pekerja Obral Dukungan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Gerakan akar rumput pemenangan calon kepala daerah jelang Pilgub Jawa Tengah 2018 mulai terlihat. Dari elemen serikat pekerja, mereka menyatakan dukungannya terhadap nama-nama yang masuk bursa calon gubernur.

DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah merupakan salah satu organisasi buruh yang terang-terangan mendukung Waketum Partai Gerindra Ferry Juliantono memenangi Pilgub. Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD SPN Jawa Tengah, Bowo Laksono di Rakerda SPN di Hotel BIP Tawangmangu, Sabtu (9/9/2017) sore.

“Ada beberapa masukan dari hasil Rakerda, yang dititipkan ke Pak Ferry. Terutama persoalan kompleks buruh, upah dan kesejahteraan. Kami memberikan kesempatan ke beliau (Ferry Juliyantono) memperjuangkan nasib kaum buruh dengan maju di Pilgub Jateng,” katanya kepada wartawan.

Dalam Rakerda tahunan yang dihadiri ketua dan pengurus SPN di 35 kabupaten/Kota di Jawa Tengah itu, Ferry Juliyantono hadir memberikan sambutan.

“Saya ingin mendengarkan langsung aspirasi buruh di Jawa Tengah. Memahami secara mendetail dan menyelurh persoalannya supaya ke depan kebijakan pemerintah lebih baik dalam industri dan ketenagakerjaan,” urai Ferry.

Ia menyoroti angka kemiskinan di Jateng 13,9 persen atau termiskin urutan 12 dari 33 provinsi di Indonesia. Upah buruh rata-rata di Jateng juga belum layak. Ia menginginkan pertumbuhan industri dilatarbelakangi kemudahan investasi dan insentif dari pemerintah.

“Sungguh ironis jika relokasi industri dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dikarenakan upah rendah buruh di Jawa Tengah,” katanya.

Serap aspirasi kalangan buruh menjadi langkah strategis menyiapkan visi misi pencalonan dirinya di Pilgub Jateng. Selain itu, Partai Gerindra juga menjajaki koalisi dengan parpol lainnya untuk memenangkan pemilu kepala daerah tahun 2018.

Ketua Umum DPP SPN, Iwan Kusmawan mengaku wajar organisasinya melakukan pendekatan ke bakal calon. Dalam hal ini, DPD SPN Jawa Tengah menambatkan pilihannya ke Ferry Juliyantono.

“Beliau (Ferry) memiliki hubungan erat dengan SPN jauh sebelum pencalonannya. SPN sangat merespons gelaran Pilpres, Pilkada Provinsi maupun Pilbup/pilwakot. Di Pilgub Jateng, kita berikan kesempatan ke Pak Ferry,” katanya.

Di sisi lain, sebanyak 250 buruh yang tergabung di relawan Koncone Mas Narno mendeklarasikan dukungan terhadap mantan Bupati Klaten, Sunarno, maju di Pilgub Jawa Tengah.

“Mas Narno pernah menjabat Bupati Klaten sampai dua periode. Programnya juga patut diunggulkan untuk para buruh,” kata Anggota Serikat Buruh Sukoharjo, Andreas Sugiono usai deklarasi di Orient Restoran Hartono Mal, Sukoharjo, Jumat (8/9/2017). (Lim)

BERITA REKOMENDASI