Jelang Pilkada Klaten, Golkar Cenderung Usung Calon Sendiri

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Geliat politik menjelang Pilkada 2020 di Klaten mulai terasa. Partai Golkar menyatakan cenderung akan mengusung calon sendiri, seperti yang pernah dilakukan pada Pilkada 2015.

Sekretaris DPD Partai Golkar Klaten Suwardi SH, Selasa (3/9) mengemukakan, Golkar di Klaten sebagai partai terbesar nomor dua tentunya harus mampu mencari kader-kader dari parati Golkar aygn nantinya bisa bertarung pada Pilkada 2020. “Dari jumlah kursi yang ada sekarang ini posisi Golkar mendapatkan tujuh kursi. Jika nanti mempunyai calon sendiri, maka Golkar harus berkoalisi dengan partai lain, agar memenuhi 20 persen suara partai agar bisa mendaftarkan sendiri di pertarungan yang akan datang,” kata Suwardi.

Lebih lanjut Suwardi mengemukakan, tentunya kader partai Golkar akan digali dulu, apakah mempunyai potensi yang cukup untuk menjadi kader di dalam eksekutif. Semua kader Golkar mempunyai hak yang sama untuk mencalonkan diri selaku pimpinan daerah di Klaten. Namun demikian, jika nanti ada suatu potensi yang sangat menguntungkan bagi partai, tidak tertutup kemungkinan Partai Golkar akan bergabung dengan PDIP. Hal ini tergantung nanti dari Partai Golkar dan PDIP apakah nanati ada sebuah komitmen yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

 

Suwardi. Foto: Sri Warsiti

“Kalau harapan kami, bisa maju sendiri, seperti tahun-tahun yang lalu juga bisa maju sendiri. Kalau maju sendiri tentu sangat menguntungkan bagi partai. Kalau kita bergabung, ya akan berbeda dibanding maju sendiri. Kalau maju sendiri, kepercayaan masyarakat terhadap Partai Golkar, yang mana mereka sudah menaruh harapan pada partai bisa terwujud. Tentunya nanti tetap dirumuskan dan dimusyawarahkan dalam rapat partai untuk menentukan sikap, apakah akan bergabung dengan PDIP atau Nasdem, PKB, Demokrat atau partai lain. Golkar dengan tujuh kursi, 20 persenya tinggal ambil partai lain yang punya tiga kursi atau lebih,” jelas Suwardi pula.

Suwardi juga mengatakan, Golkar bisa berkoalisis hanya dengan satu partai lain atau beberapa partai, karena dengan banyak partai maka akan semakin kuat dalam bertarung.

“Kami yakin kalau kita berani, kita akan sukses. Keberanian untuk tampil dari calon, watak kader Partai Golkar. Harus berani,” tambah Suwardi. (Sit)

BERITA REKOMENDASI