Jembatan Gadingan Direncanakan Dibangun Tahun Ini

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembangunan jembatan permanen di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban kemungkinan akan direalisasikan tahun 2018 ini. Warga diminta bersabar karena seluruh proses pengerjaan langsung ditangani pemerintah pusat.

Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto, Kamis (18/01/2018) mengatakan, pembangunan jembatan di Gadingan, Mojolaban memang sempat tertunda. Awalnya pemerintah pusat hanya akan memberikan jembatan gantung.

Kondisi tersebut berbeda dengan pengajuan dari Pemkab Sukoharjo berupa jembatan permanen. Kendala teknis tersebut membuat proses pembangunan terlambat.

Pemerintah pusat akhirnya bersedia merevisi rencana pembangunan di Gadingan, Mojolaban dari gantung menjadi permanen. Rencananya pembangunan akan dilaksanakan pada 2018. Namun mengenai kapan kepastian pelaksanaanya, DPRD Sukoharjo masih menunggu kejelasan dari pemerintah pusat.

“Tahun 2018 ini kemungkinan akan dilaksanakan pembangunan jembatan di Gadingan, Mojolaban. Warga bersabar saja karena semua ditangani pemerintah pusat,” ujar Nurjayanto.

Persiapan pembangunan jembatan Gadingan, Mojolaban sudah teknis sudah dilakukan sejak 2017 lalu, namun pelaksanaanya tertunda sampai 2018. “Sepengetahuan saya sudah dilakukan kajian teknis dan persiapan lain. Jadi tinggal pelaksanaan pembangunan saja,” lanjutnya.

Soal anggaran juga dikatakan Nurjayanto sepenuhnya diserahkan ke pemerintah, karena semuanya sudah ditangggung pusat sedangkan Pemkab Sukoharjo hanya ketempatan saja.

Jembatan sendiri dibangun untuk mempermudah warga mengakses saat menyeberang Sungai Bengawan Solo. Jembatan tersebut nantinya menghubungkan antara Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo dengan Beton, Kampungsewu, Kota Solo.

“Disana memang perlu dibangun jembatan karena memang untuk menyeberang Sungai Bengawan Solo sangat membahayakan. Apalagi di Gadingan, Mojolaban merupakan sentra perajin karak yang butuh akses menyeberang saat berdagang,” lanjutnya.

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi mengatakan, memang benar sudah banyak warga menanyakan pembangunan jembatan Gadingan, Mojolaban. Warga diminta bersabar karena semuanya ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

“Informasinya 2018 akan dibangun. Ditunggu saja karena tahun 2017 tertunda karena kendala teknis,” ujarnya.

Meski ditangani langsung pusat namun Pemkab Sukoharjo ikut membantu berkaitan dengan persiapan teknis. Salah satunya berkaitan dengan sosialisasi ke masyarakat setempat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI